halo para reader yang setia membaca!
moga-moga ilmu ini bermanfaat..

Friday 6 April 2012

Tragedi Hiroshima dan Nagasaki

Aku hanya mengulas ingatanku terkait perang dunia kedua. banyak tragedi yang terjadi di era kehancuran saat itu tapi aku hanya mengambil satu tragedi, yaitu dijatuhkannya bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, yang mana hal ini merupakan the last chapter dari PD2.

Kali ini aku hanya mengulas sedikit saja tentang perang dunia kedua seperti, siapa saja anggota pasukan Amerika Serikat saat itu yang membombardir dua kota utama negara Jepang? menggunakan pesawat apa? dan apa pula dampaknya dari tiap individu dalam society Jepang kala itu?

Peristiwa ini terjadi ketika dalam hubungan internasional kala itu sedang mengalami konflik sebagai akibat daripada perbedaan pandangan. dari dua blok yang ada dan saling berlawanan, terdapat konflik negara Amerika dan negara Jepang. dari sini aku fokus dari dua negara itu.

Saat itu negara Amerika serikat telah mendeklarasikan ancaman terhadap negara Jepang jika negara Jepang tidak mau bekerjasama untuk menerima syarat - syarat yang telah ditentukan oleh negara Amerika Serikat maka negara Amerika akan menjatuhkan bom atom.
Disini langsung saja bahwa negara jJepang saat itu tidak menerima syarat - syarat tersebut sehingga dijatuhkannya bom atom di kota Hiroshima dan kota Nagasaki, yang mengakibatkan negara Jepang terjatuh dalam great depression hingga tak mampu lagi untuk bangkit dan melawan.

Presiden Harry S. Truman

Seperti dalam pernyataan presiden Harry S. Truman tgl 6 agustus 1945:
" Enam belas jam yang lalu sebuah pesawat terbang amerika menjatuhkan sebuah bom di kota hiroshima.......... jika kini mereka tak menerima syarat - syarat kita, mereka boleh mengharapkan jatuhnya hujan pemusnahan dari angkasa yang macamnya belum pernah dilihat di dunia.........."

Operasi penjatuhan bom atom tersebut menggunakan pesawat khusus pembomb yang merupakan buatan asli dari negara Amerika, jenis pesawat ini adalah 'Enola Gay'.

B-29 Enola Gay
Pesawat ini mampu terbang dengan jarak yang cukup jauh yang mana dapat mencapai negara Jepang dan kembali lagi ke pangkalan dengan membawa dua jenis bom atom yang akan dijatuhkan di dua kota Jepang tersebut dan masing - masing bom tersebut bernama "Little Boy" dan "Fat Man", yang mana masing - masing bom tersebut berkomposisi 200.000 ton TNT.

Little Boy
Fat Man
Gambar - gambar ini baru dipertontonkan untuk publik 15 tahun setelah kejadian atau pada bulan desember 1960 oleh State Department America. Kedua gambar di atas adalah tiruan dari yang asli. Bom Little Boy yang meratakan kota Hiroshima dan bom Fat Man yang meleburkan kota Nagasaki. kedua bom ini telah memakan lebih dari 200.000 jiwa dengan kekuatan 200.000 ton.

Setelah tragedi tersebut negara Jepang mulai bangkit untuk 'berkembang', ada beberapa yang mengungsi dengan keperihan dan sebagian lagi memilih tetap bertahan di tempat dengan penderitaan, memang tidak semua penduduk kedua kota tersebut 'hilang' tapi ini cukup untuk membuat tali nyali jepang terputus. Mereka yang bertahan dan yang mengungsi seakan - akan seperti baru dilahirkan hanya saja dengan 'keadaan yang sebaliknya'

luka bakar akibat kilatan bom atom. kilatan bukan ledakannya.
Sebagai tambahan, aku sertakan pula anggota - anggota pasukan Amerika yang bertugas menjatuhkan bom atom dari pesawat Enola Gay:

12 anggota 'pemusnah hiroshima dan nagasaki'
Gambar di atas adalah para awak 'Enola Gay' yang menjatuhkan bom atom.dalam tahun 1945.
Baris belakang, ki - ka: M/Sgt. Robert R. Shumard (39 tahun, penembak); PFC Richard Nelson (operator radio); S. / Sgt. Joe Stiborik (operator radar); M/Sgt. Wyatt Duzenberry (ahli mesin); S/Sgt. George Caron (penembak di ekor pesawat).
Baris depan, ki - ka: Lt. I Jacob Besser (radar counter measures operator); Lt. Morris Jeppson (ahli senjata); Major Theodore Van Kirk (navigator); Lt. Col. Thomas W. Ferrebee (ahli bom); Laksamana madya William S. Parsons (perwira persenjataan angkatan laut); Brig. Jend. Paul Tibetts (penerbang); dan M. Robert A. Lewis (penerbang). gambar di atas di ambil dari coronet agustus 1960.

Sekian, dan aku berharap agar blog ini bermanfaat bagi kita semua dengan menemukan hikmah dari peristiwa yang telah terjadi.

sumber=

No comments: