halo para reader yang setia membaca!
moga-moga ilmu ini bermanfaat..

Sunday 14 April 2013

Menjaga keawetan system komputer


Komputer juga perlu dirawat yang mana sama halnya dengan manusia, yang selalu menjaga kesehatannya. Setidaknya selama seminggu sekali komputer harus diperiksa dengan software – software yang mendukung, seperti antivirus dan lain sebagainya. Tapi sebenarnya itu semua tergantung pemakaian si pengguna komputer.  Sebagai contoh, saya terbiasa menggunakan komputer setiap hari untuk mengerjakan tugas, 'browsing in the internet', memainkan ‘online game’ dan itu semua rata – rata 6 jam pemakaian dalam sehari, maka saya melakukan perbaikan sistem komputer milik saya agar komputer tetap awet dari segi kelancarannya ketika saya menjalankannya minimal satu kali dalam seminggu. Saya kali ini akan berbagi  cara saya yang mana sudah biasa saya lakukan pada komputer saya.
1       
  •     Pasang internet dulu (jika ada) --> option

Lakukan ‘update’ pada antivirus anda terlebih dahulu agar lebih optimal ketika antivirus dijalankan pada komputer anda.
2       
  •     Lakukan ‘scan’ pada komputer anda

Scanning sangat diperlukan untuk menjaga sistem komputer anda dari program – program ‘cacat’ atau yang mengancam atau yang dapat memperlambat kinerja komputer anda.
Disini saya menggunakan ESET antivirus dan Malwarebytes anti malware atau anda ingin menggunakan ‘antivirus’ gratisan tapi terpercaya, seperti, MSE (microsoft security essentials)  Jika anda ingin menggunakan juga silahkan download yang ada di bawah ini:
  1.     ESETNOD 32 (untuk 32 bit OS)
  2.     ESETSmart Security (untuk 32 bit OS dan 64 bit OS)
  3.     Malwarebytesanti malware
  4.     MicrosoftSecurity Essentials (untuk 32 bit OS dan 64 bit OS serta 'genuine windows')

  •      bersihkan 'browser data'

            bersihkan sejarah penggunaan internet anda pada masing - masing browser yang anda gunakan sebagai contoh, saya       menggunakan google chrome. langkahnya buka google chrome à klik  'customize and control google chrome' yang letaknya tepat dibawah 'close' à klik 'setting' à klik paling bawah, 'show advanced settings' à klik ' clear browsing data' pada bagian 'Privacy'. (setiap browser berbeda caranya bisa anda cari sendiri dengan inti yang sama seperti yang saya jelaskan, yaitu 'clear browsing data')

  •     Gunakan software pendukung

Software yang saya maksudkan adalah Ccleaner. Software ini berfungsi membersihkan hal – hal yang tidak begitu diperlukan oleh sistem komputer anda, seperti, cache, history pada browser anda (mozilla firefox, google chrome dll), memperbaiki ‘registry files’ anda, membersihkan ‘start menu’ pada komputer anda dll.  Klik semua option yang ada kecuali beberapa hal, silahkan lihat gambar dibawah ini:
Jika anda ingin menggunakan software ini juga, dapat anda download di sini:
Ccleaner (untuk 32 bit OS dan 64 bit OS)


4       





  •     Tambahan lainnya

Setelah usai itu semua, anda dapat menggunakan fitur dari microsoft sendiri, seperti disk clean-up. Fungsinya sama seperti Cleaner hanya saja fitur ini hanya pada ruang lingkungan kompter saja. Bisa anda buka di: klik start up àketik ‘disk clean up’ pada ‘search programs and files’ àmuncul disk clean up, silahkan di klik à muncul windows pilihan drive yang akan dibersihkan  àdrive yang dipilih sedang di-scan dengan munculnya tampilan windows, tunggu hingga 3 menit àmuncul windows lagi yang menunjukkan besarnya ukuran files yang dianggap tidak diperlukan oleh komputer anda, klik ‘clean up system files’
5       
  •     Lakukan pembersihan manual

Langkah terakhir adalah pembersihan files dengan cara manual. Masuk ke ‘windows explorer’ àpilih drive C: àklik ‘WINDOWS’ àmasuk ke folder ‘Prefetch’ àdidalamnya akan terdapat banyak files, hapus semuanya dengan cara tekan Ctrl+A, delete pada keyboard anda (files tersebut ada karena anda melakukan aktifitas pada komputer tersebut, misal anda membuka ‘google chrome’, maka pada folder prefetch akan muncul  1 atau beberapa files, files ini berguna ketika anda membuka program yang sama maka komputer dapat menghafal jalannya sistem sehingga proses ‘loading’ tidak akan membutuhkan waktu yang lama. hal ini juga berlaku jika anda membuka program lainnya)

Tambahan 1:

Jika anda memiliki ‘online game’, bersihkan ‘log files’ pada foldernya, karena ‘files’ ini hanyalah bentuk laporan pemberitahuan saja. Contoh, saya menggunakan ‘Dragon Nest’, saya buka foldernya àmasuk ke folder ‘Log’ àsaya hapus semua isinya

Tambahan 2:

Log files juga terdapat pada antivirus anda. Contoh saya menggunakan ESET Smart security dan Malware. Jika ESET, buka programnya àklik ‘computer scan’ àklik ‘scan logs’ àtekan ‘Ctrl+A’ lalu ‘delete’ pada keyboard anda. Jika Malware, buka programnya àklik bagian ‘logs tab’ àklik ‘delete all’
Setelah itu, bersihkan files yang dihapus tadi pada ‘recycle bin’. Klik kanan pada ‘recycle bin’ à klik ‘empty recycle bin’

No comments: