halo para reader yang setia membaca!
moga-moga ilmu ini bermanfaat..

Monday 16 September 2013

Mengatur Batasan Bandwitdh yang akan Diproses oleh Sistem Komputer

Perlunya membatasi bandwitdh komputer sangatlah penting untuk membedakan hak individu, seperti anggota dan administrator dalam memanfaatkan internet. Semisal, saya adalah pengusaha kost dan di tempat kost saya memiliki keunikan tersendiri, yaitu adanya fasilitas wi-fi secara gratis bagi yang menyewa untuk kost. jika saya sebagai pemilik juga menggunakan wi-fi tersebut, tentu akan bentrok sehingga yang terjadi adalah akses internet sangat lambat. Dari hal ini, tidak memungkinkan saya meningkatkan paket internet karena tidak efisien dalam pengeluaran biaya. Dari masalah ini, solusi yang tepat adalah mengubah batasan bandwitdh yang akan diproses pada komputer kita.

Langkah - langkahnya adalah sebagai berikut:

  • tekan lambang windows pada keyboard + 'R' secara bersamaan. ketikkan = gpedit.msc lalu tekan enter. maka muncul tampilan local group policy editor

tampilan local group policy editor
  • klik local computer policy >> computer configuration >> administrative templates >> network >> Qos Packet Scheduler >> Limit reservable bandwitdh. 
  • penjelasan untuk limit reservable bandwitdh, jika anda memilih not configured atau disable maka sistem komputer anda otomatis akan mengolah bandwitdh dengan batasan sebesar 20% karena jumlah ini adalah ukuran standard. ubahlah menjadi 50 % pada bandwitdh limit maka artinya anda membolehkan sistem komputer anda untuk mengolah bandwitdh dalam mengakses internet sebesar  50 %. 


tampilan limit reservable bandwitdh


Jadi jika saja saya dan pelanggan secara bersamaan menggunakan internet pada sumber yang sama maka akses internet saya jauh lebih cepat daripada pelanggan saya, dan juga jika secara bersamaan pula, saya men-download data maka secara otomatis dari komputer pelanggan yang menggunakan akses internet akan berkurang kecepatan akses-nya karena komputer pelanggan masih diatur batasan bandwitdh-nya dalam jumlah standard, yaitu 20 %. 


Dengan demikian kita dapat membatasi hak akses internet secara adil. pelanggan mendapatkan yang semestinya, pemilik juga mendapatkan yang semestinya.

No comments: