halo para reader yang setia membaca!
moga-moga ilmu ini bermanfaat..

Saturday 11 January 2014

Ingin Memulai Hobi yang tak Sekedar Hobi saja? tapi juga Berprestasi dan 'Popular'

kali ini saya akan membagi informasi sedikit tentang beberapa komunitas yang saya dapatkan dari pengalaman saya.

  • Band
hobi bermusik dengan membentuk band merupakan hal yang paling sering dilakukan oleh sebagian besar pemuda dan pemudi di indonesia. banyak diantara mereka yang hanya sekedar bermusik untuk kesenangan saja tapi ada juga yang bermusik juga untuk mencapai cita-cita untuk menjadi band terkenal.
saya akan berbagi informasi jika anda berada di kota malang bahwa saya dulu pernah memiliki band indie dan sempat 'masuk' dalam acara salah satu program dari radio negri di kota malang. saya memiliki band indie melalui sebuah komunitas yang konon salah satu pendirinya adalah band mayor label yang berasal dari kota malang, komunitas ini bernama MIC (malang indie community). kegiatan daripada komunitas ini adalah acara kumpul bersama di salah satu tempat di jalan soekarno-hatta malang. acara ini hanya sekedar nongkrong bareng, ngobrol, share ilmu tentang musik, cari anggota band dan yang paling penting adalah informasi untuk bergabung didalamnya serta acara manggung untuk band anda. anda tidak akan diperkenankan mengikuti acara manggung, jika anda belum bergabung. dulu band saya, ketika bergabung, setidaknya sudah memiliki 4 lagu buatan sendiri dan menyiapkan profil band, yang kemudian band anda akan mendapat giliran untuk masuk dalam salah satu radio negri di malang. acaranya yaa, band anda diperkenankan untuk melakukan perkenalan, alirannya apa, dan menyanyikan lagu band anda sendiri serta pada beberapa kesempatan anda akan ditanyai oleh pembicara di radio tersebut tentang band anda. setelah itu sudah anda lalui, maka kumpullah setiap sabtu di tempat nongkrongnya komunitas ini untuk mendapatkan informasi untuk manggung.
setiap 6 bulan, komunitas ini mempublikasikan lagu-lagu dari band-band yang tergabung didalamnya secara bergilir yang mana disebut album kompilasi. setelah tergabung dalam album kompilasi, lagu band anda akan ditayangkan di radio negri tersebut (yaa juga ada trafficnya)^.
jika berminat, kunjungi https://www.facebook.com/micstreet, silahkan anda tambah teman dan tanya kumpul dimana untuk kemudian anda sekalian dapat bergabung dan ..... selamat menikmati.


  • komik (manga)
pengalaman saya, setelah band saya masuk radio, terjadi konflik internal yang melibatkan saya dan beberapa rekan, saya terpaksa dikeluarkan dari band tersebut untuk menghindari konflik berlanjut. pasca kejadian tersebut, saya sempat stress (entah itu berat atau ringan) selama 2 minggu, memang saya tinggal membentuk band lagi dari awal toh juga saya sudah komunitasnya tapi tidak semudah itu mencari band yang cocok dengan kehadiranku beserta skill dan aliranku. akhirnya saya memendam keinginan tersebut (RIP)... karena hal inilah, saya mencari hobi baru untuk menjadi popular seperti sebelumnya, kali ini saya saya berminat untuk menjadi komikus manga, saya mencari info kurang lebih 2 bulan dan tada.... aku menemukannya. terdapat 2 skill yang dibutuhkan dalam membuat komik, yaitu menggambar dan membuat cerita. untuk membuat komik bisa dilakukan secara berkelompok, yaitu sebanyak 2 orang (illustrator dan story maker). ternyata keahlian saya bukan pada menggambar, saya mengetahuinya setelah saya berusaha kurang lebih 6 bulan dan hasilnya sama saja, akhirnya, saya memilih untuk menjadi pembuat cerita. kala itu, aliran saya adalah sci-fi (science fiction), action, sedikit horror, super power, military. ternyata ada kesulitannya sendiri dalam membuat cerita, yaitu bagaimana membuat cerita yang menarik, berbeda, epic moment dan cocok pada selera pembaca komik saat ini?? jika anda idealis, maka lebih baik anda jangan mendalami hal ini karena kita mengikutkan selera pembaca dan lagi pula komik yang diciptakan bukan untuk kita melainkan untuk pembaca, kita harus benar selera pembaca saat ini. saya melakukan survey tentang aliran cerita yang akan saya buat, tidak berjalan lancar, apalagi ketika melakukan survey saja sudah dapat cemooh dari beberapa. tapi saya tetap lanjut hingga menghasilkan cerita untuk 1 jilid... hanya saja kendalanya juga sama seperti ketika aku di band, yaitu masalah partner. sebenarnya aku sudah mendapatkan sebanyak dua kali, tapi malah aku yang ditipu. akhirnya aku merasa bahwa hobi diluar kemampuanku dan aku memilih untuk berhenti dan mencoba hal lain 'yang lebih pasti'. jika anda ingin menjadi komikus manga, ada komunitasnya tapi di kota malang, nih https://www.facebook.com/divisimanga?fref=ts, komunitasnya selalu kumpul setiap hari minggu jam 11 siang sampai selesai di universitas brawijaya. untuk lebih jelasnya, hubungi saja langsung ke komunitasnya. kalau dari kegiatannya ngapain aja? kumpul bareng, share ilmu, latihan bareng, cari anggota tentunya dan dapat info pameran untuk publikasi hasil karya. selamat menikmati


  • teater
setelah dari komik, saya juga sempat kepikiran untuk memasuki teater. ada komunitas untuk teater di kota malang, namanya Kine Klub UMM, tempatnya di universitas muhammadiyah. untuk yang satu ini belum banyak saya mencarinya. untuk lebih lanjut hubungi aja komunitasnya, http://kineklubumm.wordpress.com/contact-us/ 
  • cosplay
karena masih ada unsur-unsur gaya manga dalam gaya hidup saya, saya akhirnya kepikiran juga untuk masuk hobi sebagai cosplayer, bayangan saya (wah, pasti keren nih), cuma sayang aku tidak jadi cosplayer untuk karakter ciptaanku sendiri^. disini hampir sama dengan teater, hanya saja anda sekalian meniru terbatas pada karakter-karakter pada manga (komik dari jepang) dan atau karakter yang seperti manga tetapi tidak ada cerita di manga-nya terkait karakter tersebut (biasanya seperti di game atau film langsung tamat ala manga tapi gak ada komiknya, namanya anime). anda meniru semirip mungkin dengan karakter yang anda pilih sendiri (dari cara bicara, cara jalan maupun berpakaiannya dsb). ada tips dan trik untuk memilih 'karakter apa dalam manga yang cocok dengan saya??' (silahkan anda berkunjung sahabat blogger lainnya^^). hanya saja hobi ini tidak untuk semua kalangan dikarenakan membutuhkan biaya yang lumayan tinggi tiap manggung (untuk lebih jelasnya kunjungi sahabat blogger lainnya ^^), jadi jika anda masih memiliki 'keterbatasan' dari ekonomi, saya sarankan jangan, pilih yang lain saja, lebih pasti untuk berhasil. jika ingin bergabung dan bertanya seperti apa kegiatannya, kunjungi https://www.facebook.com/cosukicosplay?ref=ts&fref=ts, tapi biasanya jika anda bertanya tidak akan dijawab, jika terjadi seperti ini, silahkan anda cari tempat kumpulnya di mana dan bertanya langsung di tempatnya, jika tidak menemukan juga, silahkan tambah teman dia dan ikuti hingga ada acara untuk cosplay di kota malang, ikuti acaranya dan silahkan bertanya-tanya kepada anggotanya. selamat menikmati.
  • RPG maker
setelah kecewa dari kenyataan untuk menjadi cosplayer seperti itu, saya beralih lagi ke sini. sesuai namanya, role-playing-game maker adalah membuat permainan (seperti permainan konsol, PS1/2/3/4 hanya saja ini masih untuk PC 2 dimensi) dengan aliran RPG. membuatnya dengan software yang disebut engine, yaitu RPG maker XP/VX/VX Ace. yang popular adalah RPG maker VX Ace karena paling mudah penggunannya. engine ini menggunakan bahasa pemrograman RGSS (ruby). tiap engine tersebut menggunakan RGSS yang berbeda, namanya RGSS 1, RGSS 2 dan RGSS 3.  engine bisa didownload tapi harus membeli untuk mendapatkan versi full-nya. dalam pembuatan game ini dengan engine tersebut dibutuhkan setidaknya composer (membuat lagu instrument), animator (bikin animasi dan gambar), mapper (menyusun kota/dungeon dari gambar animator), scripter (yang event dalam program permainannya), beta tester (penguji permainan apakah masih ada error atau tidak). untuk mempelajari hobi ini silahkan bergabung dengan grupnya https://www.facebook.com/groups/rpgmakerid/, disitu tempat bertanya, minta saran dan kritik dari game yang anda buat. jika ingin mencari partner dan bertanya pada suatu forum silahkan kunjungi www.rpgmakerid.com (kunjungi bagian team recruitment), webnya agak bermasalah, jika ketika anda mengunjungi webnya muncul tulisan untuk mereload maka lakukan reload sampai bisa masuk. atau bertanya tentang RPG maker ini lebih jauh kepada pendiri game lokal ETERNAL GRACE, https://www.facebook.com/jasson.prestiliano/about, dan tentang perusahaan yang dia pimpin (dia juga pendirinya), ENTHREAN GUARDIAN, http://enthrean.com/about-us/. dan terakhir salah satu berita tentang enthrean guardian, http://dailysocial.net/post/enthrean-guardian-jalin-kerja-sama-dengan-games-one-dari-marketing-group. selamat menikmati
sekian informasi dari saya, jika dari anda sekalian ingin mengajak saya untuk bergabung juga, saya masih memiliki minat yang kuat di bidang komik, cosplay dan RPG maker.
kemampuan saya masih terbilang amatir untuk hal-hal diatas, jadi saya mengharapkan kerjasamanya.
  • komik (manga), ability saya dari pengalaman adalah sebagai story maker, melakukan survey dan mencari informasi.
  • cosplay, ability saya dari pengalaman adalah pernah berteater di kampus wearness tercinta sebagai peran antagonist dari film the proposal. jadi tinggal masalah pembuatan properti saja (uang uang uang)
  • RPG maker, ability saya dari pengalaman adalah sebagai mapper, dan sebagai composer lewat software fruity loop (saya dapat pengajaran ilmu fruity loop dari perkuliahan saya)
saya tinggal di malang, hubungi saya lewat SMS di 081803850052.

No comments: